Ubah Anggapan Menjadi Tantangan dalam Menulis Karya Tulis Ilmiah dan Artikel Ilmiah

Guru sebagai profesi akan sangat banyak sekali berkutat dengan menulis. Bagaimana tidak? Setiap apa yang berkaitan dengan tupoksinya harus didokumentasikan. Dokumentasi tertulis menjadi poin bukti pelakasanaan tupoksi. Baik perencanaan, pelaksanaan hingga pelaporannya. Namun, bagaimana agar apa yang dilakukan guru tersebut dapat menginspirasi dan bermanfaat untuk lebih banyak orang? Ya, dengan menulis dan mempublikasikannya.

Mengubah mitos dan anggapan tentang menulis, membutuhkan kesungguhan. Kesungguhan menjadi tantangan yang harus ditaklukan. Menulis bukan sekedar bakat tapi keterampilan yang diasah dengan proses. Nikmati menulis seperti menikmati secangkir kopi atau teh atau susu hangat di sekitar udara dingin yang menghempas. Kebutuhan menulis adalah menulis itu sendiri. Biaya dan tenaga hanya efek samping.



Webinar guru menulis pada 19 Oktober 2020 dilaksanakan untuk menggairahkan budaya literasi dan inovasi bagi guru. Webinar yang terdiri dari dua sesi yaitu sesi menulis artikel populer dan karya tulis ilmiah. Untuk kegiatan sesi menulis artikel populer dapat di baca pada artikel Menulis Artikel Populer di Media Massa Selezat Susu Coklat.

Sesi menulis karya tulis ilmiah disampaikan oleh salah satu dosen Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Semarang, yaitu Ibu U’um Qomariyah, S.Pd, M.Hum. Beliau merupakan akademisi yang aktif menulis dan melakukan penelitian. Karya dan prestasi telah ditorehkan sejak mudanya. Lulusan Pascasarjana S2 dengan Predikat Cumlaude Pascasarjana UGM Yogyakarta tahun 2007 dengan bahasa santun dan low profilenya memaparkan materi seputar karya tulis ilmiah.



Beliau pun mengawali dengan motivasi menulis sebelum memaparkan teknik menulis. Kuatnya motivasi akan dapat mengatasi hambatan dan ujian yang menghampiri saat menulis. Bermacam jenis karangan dapat dilakukan untuk melatih keterampilan menulis. Tujuan penulisan pun disesuaikan dengan jenis karangan yang akan digunakan.

Karya tulis ilmiah dan artikel ilmiah adalah dua sejoli yang dapat saling melengkapi. Karya tulis ilmiah berisi uraian pembahasan penulis terhadap topik tertentu yang dituangkan dalam bentuk laporan. Artikel ilmiah ditulis berdasarkan hasil penelitian penulis berdasarkan kaidah tata cara penulisan yang berlaku yang biasanya ditujukan untuk publikasi di jurnal ilmiah. Penyusunan karya tulis ilmiah mengambil dasar dari artikel ilmiah yang dipublikasikan. Hasil dari karya tulis ilmiah ini dipublikasikan ke khalayak umum melalui artikel ilmiah. Keduanya akan menjadi landasan yang kuat dalam berpikir dan metodologi ilmiah. Kesinambungan kegiatan ilmiah pun akan terjaga dari masa ke masa. Oleh karena itu, isi dari tulisan jenis ini sangat perlu dijaga fakta yang disajikan dapat diuji kebenarannya.

Artikel ilmiah memiliki tiga struktur yaitu pengenalan, batang tubuh dan kepustakaan. Bagian pengenalan terdiri atas judul, identitas penulis, abstrak dan kata kunci. Batang tubuh memiliki struktur pendahuluan, isi dan penutup. Batang tubuh artikel ilmiah ini disusun padat dan jelas sehingga dapat menggambarkan isi artikel ilmiah tersebut. Kepustakaan diutamakan menggunakan sumber utama dan relevan.

Artikel ilmiah dan karya tulis ilmiah pun dimulai dengan menentukan topik yang akan dibahas. Sumber ide topik yang dibahas melalui pengetahuan, pengamatan dan pengalaman. Topik yang baik diantaranya spesifik, aktual dan memiliki sumber acuan yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. 

Materi karya tulis ilmiah dan artikel ilmiah dapat dilihat di bawah ini.

Post a Comment

أحدث أقدم